Telat datang bulan, apa yang harus saya lakukan?

Posted on Posted in KTD

Kalau kamu telat datang bulan, segera lakukan tes kehamilan untuk mengetahui apakah kamu hamil atau tidak, supaya kamu bisa segera memutuskan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya. Semakin cepat kamu melakukan tes kehamilan, semakin cepat pula kamu mengetahui hasilnya sehingga tidak perlu merasa khawatir berlebihan.

Kapan melakukan tes kehamilan ?

Dokter merekomendasikan untuk melakukan tes kehamilan satu hari setelah periode haid terlambat. Kalau kamu tidak ingat kapan siklus menstruasimu, kamu perlu menunggu paling tidak 10 hari sejak  berhubungan seks ( tanpa kontrasepsi/kondom ) untuk melakukan tes kehamilan.
Kalau kamu memutuskan untuk melakukan tes kehamilan, pastikan kalau kamu siap menerima hasilnya. Lebih baik lagi bila ada seseorang di samping anda yang dapat memberikan dukungan emosional pada saat anda melakukan tes kehamilan.

Tes Kehamilan di Rumah

Berbagai alat tes kehamilan tersedia dan dapat dibeli di berbagai apotik dan swalayan. Tidak perlu menggunakan tes kehamilan yang mahal, beberapa alat tes kehamilan yang murah dapat memberikan hasil yang memuaskan selama kamu memastikan cara penggunaannya tepat.

Bagaimana Caranya melakukan Tes Kehamilan di Rumah?

Tes ini biasanya dilakukan di pagi hari pada kencing pertama. Beberapa tes dapat dilakukan kapan saja, namun biasanya alat tes kehamilan ini harganya cukup mahal.

Yang perlu kamu lakukan adalah kencing pada batang alat tes, atau mencelupkan batang alat tes kedalam sample urinmu. Hasilnya akan memakan waktu beberapa menit dan kamu akan tahu apakah telat datang bulan ini akibat kehamilan atau bukan.

Ketika melakukan tes kehamilan ini, hasilnya mungkin saja tidak akurat. Bisa terjadi hasil yang palsu, baik itu negatif ataupun positif.

Hasil negatif palsu biasanya disebabkan oleh :

  • Tes kehamilan yang terlalu awal.¬†Hasil ini yang paling banyak terjadi, karena hormon kehamilan belum terdeteksi.
  • Penggunaan tes yang salah. Pastikan kamu membaca instruksi pada kemasan alat tes dan mengikuti instruksi tersebut.

Hasil positif palsu biasanya diakibatkan oleh :

  • A ‘chemical pregnancy’.Pada dasarnya ini adalah keguguran awal yang biasanya tidak disadari oleh banyak perempuan. Biasanya nanti kamu akan kembali mengalami periode haid yang normal.
  • Obat-obatan. Ada beberapa obat-obatan yang mengandung hormon kehamilan yang dapat memberi pengaruh hasil positif dalam tes kehamilan, misalnya jika anda dalam perawatan infertilitas. Jika anda tidak yakin, tanyakan pada dokter.
  • Penggunaan tes yang salah. Pastikan anda membaca instruksi pada kemasan alat tes dan mengikuti instruksi tersebut.

Periksakan ke Dokter/Bidan

Kalau kamu merasa tidak yakin dengan tes kehamilan yang kamu lakukan di rumah, dokter atau bidan dapat membantu mendapatkan hasil tes yang lebih akurat. Periksakan dirimu ke dokter atau bidan, dan kamu juga bisa meminta nasihat dokter mengenai langkah apa yang harus harus kamu lakukan selanjutnya.

Memang gak gampang melakukan pemeriksaan ke dokter/bidan terutama kalau kamu belum menikah. Namun ini adalah resiko kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang akurat. Minta rekomendasi pada teman atau konselor untuk mengetahui dokter yang bersahabat yang ada di kotamu. Nah, sekarang kamu tahu apa yang harus kamu lakukan bila kamu telat datang bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *