Selesai aborsi masih perdarahan dan hasil test-pack masih 2 garis merah.

Posted on Posted in Aborsi Aman, Pasca Aborsi

Oleh : Inna Hudaya

Banyak perempuan menjadi panik setelah melakukan Medical Abortion, terutama karena perdarahan yang berkelanjutan selama beberapa minggu kemudian. Kepanikan ini biasanya muncul karena perempuan tidak cukup informasi mengenai proses Medical Abortion. Seringkali para penjual obat di internet tidak menjelaskan dengan detail apa yang akan terjadi pada saat dan setelah aborsi.

Jika anda baru saja melakukan Medical Abortion dan masih mengalami perdarahan, jangan panik. Perdarahan biasanya terjadi selama 2-3 minggu setelah aborsi. Pada beberapa perempuan, perdarahan bisa berlangsung lebih lama. Sebagian perempuan mengalami peradarahan seperti menstruasi secara terus-menerus selama periode ini. Sebagian lagi mengalami perdarahan beberapa hari, berhenti lalu muncul kembali.
Yang perlu anda ketahui adalah membedakan mana perdarahan normal dan mana perdarahan hebat. Jika perdarahan yang keluar sangat banyak sehingga anda harus mengganti pembalut 2-3 kali dalam satu jam, selama dua jam berturut-turut, itu adalah tanda-tanda peradarahan hebat. Karena kehilangan banyak darah, biasanya perempuan merasa pusing dan lemah. Dalam situasi seperti ini ada harus segera ke dokter dan mendapatkan perawatan pasca aborsi.
 
Hasil test-pack masih dua garis merah
Kepanikan lain biasanya adalah perempuan segera melakukan test-pack dan menemukan dua garis merah atau positif. Biasanya perempuan segera mengasumsikan dirinya masih hamil dan meminum dosis berikutnya atau mencarai layanan aborsi di klinik.
 

Tunggu 2-3 minggu sebelum melakukan test-pack.  Hasil test-pack masih akan tetap positif karena yang dideteksi adalah level HCG dalam tubuh. Butuh waktu beberapa minggu sampai kadar HCG dalam tubuh menjadi normal kembali. Jadi, meskipun anda melakukan tindakan aborsi hari ini, hormon kehamilan masih tetap akan terdeteksi di dalam tubuh selama beberapa minggu ke depan. Jika anda ingin segera mengetahui hasilnya, lakukan tes USG. Namun ini pun tidak terlalu dibutuhkan, karena jika ternyata masih ada sisa, dokter akan menyarankan anda untuk kuret. Menurut Panduan WHO yang terbaru, kuret tidak dibutuhkan untuk Medical Abortion. Alih-alih, anda akan keluar dana besar untuk melakukan kuret.

Ada perbedaan mendasar antara gagal dan tidak komplit. Jika tidak ada efek samping dan gejala umum dari Medical Abortion, bisa dipastikan aborsi telah gagal. Artinya gagal bahwa kehamilan tersebut  terus berlanjut. Namun, jika efek samping dan gejala umum muncul namun masih ada dua garis samar, itu artinya tidak komplit. Maksudnya tidak komplit adalah bahwa kehamilan sudah tidak berlanjut namun masih ada sisa hasil konsepsi yang tertinggal di dalam rahim.
 
Medical abortion memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Jika anda mengikuti protocol yang telah direkomendasikan oleh WHO, anda tidak memerlukan kuret untuk mengatasi aborsi yang tidak komplit. Jika setelah 2-3 minggu hasil test-pack masih menunjukan dua garis samar, ada kemungkinan anda mengalami aborsi yang tidak komplit. Lakukan tes USG ke dokter dan tanyakan ukuran yang tersisa berapa besar (dalam cm).  Anda dapat meminum dosis tambahan untuk penanganan incomplete abortion.
 
Jadi, jangan panik dan tetap tenang. Bicara dengan konselor yang anda percaya untuk membicarakan situasi anda.

6 thoughts on “Selesai aborsi masih perdarahan dan hasil test-pack masih 2 garis merah.

  1. Dok saya hari kamis aborsi dan sudah keluar gumpalan sebesar ati ayam 2x… Dan masih ada pendarahan sampai hari senin ini tapi kenapa perut masih terasa kedutan… Apakah aborsinya gagal??

    1. Tidak apa-apa, itu tanda reaksi obatnya masih bekerja. Kalau kamu ragu, Nurita bisa menghubungi layanan-layanan konseling seperti Samsara supaya bisa tanya-jawab lebih lengkap 🙂

  2. saya mau tanya tgl 20 saya aborsi krluar gumpalan daging terus tgl 31 agustus usg masih ada kantung janin tgl 2 keluar gumpalan daging agak besar.. tapi sampe sekarang rasa mual dan tanda kehamilan masih berlanjut. apa saya harus usg lagi,.

  3. Dok 4 minggu lebih pasca aborsi medis saya melakukan TP tapi hasilnua masih positif..saya juga sudah ke dokter dan katanya ada gumpalan kecil di rahim sy dan dokter mengatakan itu kemungkinan janin yang baru tumbuh krn saat saya TP di lab tempat dokter itu hasilnya masih positif. Itu gimana ya dok? Saya sangat bingung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *