Obat untuk menggugurkan kandungan bikin mimpi buruk?

Posted on Posted in Emosi & Relasi

Artikel ‘Obat untuk menggugurkan kandungan bikin mimpi buruk?’ ini ditulis oleh Inna Hudaya.

Menurut Carl Jung, mimipi adalah sebuah cara bersentuhan dan berkomunikasi dengan alam bawah sadar. Mimpi tidak mencoba menutupi perasaan dan situasi yang terjadi di alam sadar, sebaliknya mimpi seperti sebuah jendela yang mencoba membuka kesadaran akan alam bawah sadar manusia. Mimpi dapat menjadi pemandu menuju pencapaian utuh seorang manusia dengan menjembatani alam bawah sadar dan alam sadar. Mimpi menawarkan solusi terhadap berbagai masalah yang terjadi di dalam kehidupan.Sebagai suatu cara berhubungan dengan alam bawah sadar, gambaran di dalam mimpi bisa menjadi suatu usaha untuk membuka sesuatu mengenai diri kita, hubungan social dan situasi-situasi yang terjadi di kehidupan nyata.

Sedangkan menurut Freud (dalam Calvin S.Hal & Gardner Lindzaey, 1998) dsebutkan bahwa dengan mimpi, seseorang secara tak sadar berusaha memenuhi hasrat dan menghilangkan ketegangan dengan menciptakan gambaran tentang tujuan yang diinginkan, karena di alam nyata sulit bagi kita untuk mrengungkapkan kekesalan, keresahan, kemarahan, dendam, dan yang sejenisnya kepada obyek-obyek yang menjadi sumber rasa marah, maka muncullah dalam keinginan itu dalam bentuk mimpi.

Tidak ada cara yang betul-betul akurat dalam menginterpretasikan mimpi. Arti mimpi merupakan sebuah penafsiran yang sangat personal tergantung bagaimana setiap orang menginterpretasikannya. Apapun interpretasinya hanya bisa diketahui secara personal oleh setiap orang yang mengalaminya dengan memahami berbagai situasi yang dihadapinya.

Mimpi buruk adalah mimpi yang menyebabkan terjadinya respon emosional yang tidak nyaman bagi seseorang, biasanya berupa ketakutan, rasa ngeri atau kegelisahan. Hal ini biasanya terjadi karena adanya permasalahan fisik atau psikis pada seseorang. Orang yang sedang dalam keadaan demam dapat mengalami mimpi buruk. Secara psikologis, biasanya mimpi buruk ini terjadi pada orang-orang yang mengalami trauma atau stress dalam kehidupannya. Pada kasus aborsi traumatis, gambaran-gambaran menakutkan tersebut dapat kembali menghantui dalam mimpi buruk. Seseorang yang mengalami mimpi buruk bisa terbangun di tengah malam dalam keadaan gelisah dan sulit untuk bisa tidur kembali.

Mimpi buruk bisa terjadi pada siapa saja. Ini adalah hal yang normal. Namun jika mimpi buruk itu terus terjadi berkelanjutan maka perlu di pertanyakan apa makna dari mimpi tersebut. Pada beberapa perempuan post-abortus, mimpi buruk ini bisa menjadi amat sangat nyata dan terus menerus terjadi. Banyak post-abortus yang kemudian mulai bertanya-tanya, Kenapa? Kenapa aku terus mempunyai mimpi-mimpi buruk? Kenapa mimpi itu dating di waktu yang tak di sangka-sangka ? apa arti mimpi itu?

Mimpi yang berulang-ulang biasanya terjadi pada perempuan post-abortus. Mimpi berulang tersebut biasanya dipicu oleh berbagai situasi dan masalah yang masih terjadi secara terus-menerus atau belum terselesaikan. Biasanya hal ini menunjukkan adanya kelemahan seseorang, rasa takut atau ketidakmampuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Beberapa cara berikut bisa dilakukan untuk mengurangi mimpi buruk setelah minum obat untuk menggugurkan kandungan:

Jangan makan sebelum tidur. Makan sebelum tidur dapat memicu peningkatan metabolisme tubuh dan aktifitas otak.

Posisi tidur ke arah kanan tubuh. Posisi ke arah kiri dapat menekan rongga dada sehingga gerak jantung terbatas.

Usahakan tubuh dan fikiran dalam keadaan rileks sebelum tidur. Bisa dibantu dengan menggunakan aroma terapi yang bisa membuat perasaan Anda lebih rileks.

Lakukanlah kegiatan fisik seperti olahraga yang bisa membuat tubuh Anda lelah sehingga Anda bisa tidur nyenyak.

Lihatlah kedalam diri Anda dan konfrontasikan apa yang Anda temukan.

Anda harus mampu melihat mimpi tersebut secara obyektif. Cobalah untuk melewati elemen-elemen emosional yang tergambar dalam mimpi Anda

Belajarlah menerima diri Anda sepenuhnya.

Ajaklah teman, keluarga atau seorang konselor untuk mendiskusikan, menganalisa dan mengerti mimpi-mimpi buruk Anda dapat membantu Anda untuk memperoleh satu solusi untuk beberapa masalah, konflik internal dan masalah pribadi. Mencatat mimpi Anda setiap pagi dapat membantuAnda mengingat mimpi Anda sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menganalisa mimpi-mimpi tersebut. Bisa jadi, mimpi buruk tersebut muncul bukan karena Anda telah meminum obat untuk menggugurkan kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *