Aborsi dan prinsip ‘4 P’ yang harus selalu kamu ingat!

Posted on Posted in Aborsi Aman, Pra Aborsi

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan aborsi dengan Misoprostol, ada prinsip penting yang harus kamu ingat, yaitu prinsip 4P atau Positive, Plan, Preparation & Perform.Apa saja yang masuk dalam prinsip 4P,ini dia daftarnya:

Positive, artinya kamu betul-betul sudah mengkonfirmasi kehamilanmu dan hasilnya positif. Kamu bisa lakukan test-pack untuk mengetahui apakah kamu hamil atau tidak. Hasil yang akurat bisa dilakukan dengan ultrasound atau USG, namun pemeriksaan dengan test-pack saja sudah cukup.Pastikan usia kehamilanmu tidak lebih dari 13 minggu. Untuk menghitung usia kehamilan bisa dihitung dengan cara menghitung Hari Pertama Menstruasi Terakhir (HPMT) atau dengan ultrasound atau USG. Kamu bisa juga cek dengan kalender disini. Positive juga maknanya bahwa kamu yakin ini adalah keputusanmu sendiri, bukan keputusan pasangan atau keluargamu. Ini adalah tubuhmu, cuma kamu yang berhak mengatur apa yang akan kamu lakukan dengan tubuhmu.

Plan atau rencana. Pastikan kamu sudah punya rencana kapan dan dimana kamu akan melakukan aborsi. Kamu bisa melakukan sendiri di rumahmu di waktu yang senggang. Ambil cuti kerja jika diperlukan dan alokasikan waktu seharian untuk proses aborsi dan istirahat setelahnya. Ambil waktu yang tidak ramai, jangan sampai saat kamu tindakan kamu juga menerima banyak tamu di rumah. Selain perencanaan tempat, kamu juga harus punya rencana berikut ini :

Siapa yang akan mendampingi kamu? Kamu gak boleh aborsi sendirian, pastikan harus ada yang mendampingi kamu selama proses aborsi, dan harus orang yang kamu percaya dan tidak mudah panik.

Pastikan kamu memiliki perencanaan mengenai rumah sakit terdekat yang bisa di akses jika terjadi situasi darurat. Termasuk mode transportasi yang akan kamu gunakan.

Preparation atau persiapan. Kamu harus menyiapkan beberapa hal sebelum aborsi di antaranya:

Siapkan obat-obatan yang disarankan, baik itu pereda nyeri ataupun antibiotik (kalau kamu memiliki kondisi infeksi tertentu). Untuk pereda nyeri kamu bisa membeli ibuprofen atau paracetamol di apotik terdekat.

Siapkan pembalut ukuran reguler untuk perdarahan nanti.

Pastikan kamu sudah makan besar paling tidak 3-4 jam sebelum tindakan. Perut yang penuh dapat memperparah kondisi mual dan muntah

Siapkan musik dan film favorit kamu. Hindari musik dan film yang mellow. Saatnya kamu menonton film komedi untuk menghibur dirimu sendiri. Ingat, perasaan sedih dan galau gak akan membantumu melalui proses dengan mudah. Justru karena sedih dan galau kamu bisa jadi stress. Saat kamu stress, otot-otot vaginamu akan menegang dan ini akan mengakibatkan rasa sakitnya bertambah.

Pastikan juga kamu punya pulsa cukup di hp-mu untuk memastikan kamu bisa menghubungi orang lain atau konselor jika dibutuhkan. Kalau kamu punya pulsa internet, kamu juga tetap bisa ngetweet dan facebookan selama prosesnya 🙂

Perform atau pelaksanaan. Ok, semuanya sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan matang. Saatnya kamu menjalankan rencanamu. Keep calm and Confident. Ini adalah keputusanmu, Ini adalah hidupmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *