Kontrasepsi: Ketahui pilihanmu, rencanakan masa depanmu

Posted on Posted in Aborsi Aman, Pasca Aborsi
Tahukah kamu bahwa kontrasepsi itu merupakan hak dasar kesehatan? Layanan kontrasepsi seharusnya tersedia bagi semua perempuan dan laki-laki usia subur, termasuk untuk remaja. Namun pada faktanya banyak remaja tidak mendapat informasi apalagi layanan kontrasepsi. Masyarakat kita beranggapan bahwa remaja tidak seharusnya mengenal kontrasepsi karena remaja tidak boleh melakukan hubungan seks sebelum menikah. Namun pada kenyataannya riset menunjukkan bahwa remaja seksual aktif. Bahkan riset WHO menunjukkan bahwa di negara-negara dimana pendidikan seks dan kontrasepsi tidak disediakan bagi remaja, justru remaja berhubungan seks lebih dini dibanding remaja yang berada di negara-negara dimana mereka mendapat informasi dan pendidikan seksualitas. Tahu nggak kenapa? Karena salah satu materi informasi dan pendidikan seksualitas adalah tentang body image dan bagaimana membuat keputusan, termasuk keputusan kapan siap untuk berhubungan seks.
Minimnya informasi dan pendidikan seksualitas, serta tidak ramahnya layanan kontrasepsi bagi remaja inilah yang menjadi salah satu pemicu terjadinya Kehamilan Tidak Direncanakan (KTD). Oleh karena itu, ketahui pilihanmu dan rencanakan masa depanmu.
Enjoy the infographic !!

Nah, dari infografik di atas, kamu sudah tahu yang mana saja? Tentunya kamu sudah tahu setidaknya tentang kondom dan pil KB, bukan? Ternyata, pilihanmu tidak hanya dua itu saja, kan? Ada banyak sekali jenisnya yang bisa kamu pilih. Pastikan kamu mencari tahu lebih jauh masing-masing jenisnya supaya kamu tidak salah menggunakannya. Bahkan, kondom pun bila kamu memasang atau menyimpannya dengan cara yang salah, akibatnya tetap bisa menyebabkan kehamilan, lho!

Kalau kamu masih agak bingung dan ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa mencoba program #MudaBerencana di mana kamu hanya perlu mengirimkan sms berisi KONTRASEPSI ke nomor 0856-01000-200. Setelahnya, kamu akan dipandu untuk mengenal lebih dalam masing-masing jenisnya dan mana yang kira-kira cocok kamu gunakan. Jangan sampai merasa malu atau segan untuk mencari tahu, karena kamu memiliki hak untuk merencanakan sendiri seperti apa masa depan yang ingin kamu jalani. Seperti kata pepatah: sedia payung sebelum hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *