Pendarahan saat aborsi sampai 5 minggu lebih, amankah?

Posted on Posted in Aborsi Aman

Setelah menggunakan misoprostol perempuan akan mengalami perdarahan. Rata-rata pendarahan saat aborsi ini berlangsung hingga 3 minggu, namun sebagian perempuan mungkin mengalami perdarahan lebih dari 5 minggu. Dengan rentang waktu perdarahan yang cukup lama ini kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa perdarahanmu cukup lama?

Sebenarnya, batasan situasi yang aman dan tidak dalam penggunaan misoprostol sudah cukup tegas. Kalau tidak ada tanda-tanda komplikasi berarti masih tergolong aman. Namun tentu saja, perdarahan saat aborsi dalam waktu yang lama bisa jadi mengganggu, apalagi jika volume perdarahan cukup banyak. Efek yang paling umum adalah kondisi fisik yang menurun karena tensi darah yang turun sehingga sering terasa lemas dan pusing. Selain itu perdarahan yang intens biasanya juga disertai kram perut yang cukup sering sehingga tentu saja aktivitas sehari-hari menjadi lebih berat.

Salah satu faktor penyebab rentang waktu perdarahan yang panjang dan intens ini terutama adalah ketika perempuan stress dan kurang istirahat pasca penggunaan misoprostol. Dalam kasus-kasus yang jarang kadang perdarahan yang intens ini juga disertai penebalan dinding rahim yang tidak juga luruh. Amankah ini? Sebetulnya penebalan dinding rahim sangat aman. Perempuan yang subur mengalaminya setiap mereka akan mengalami menstruasi. Proses peluruhannya inilah yang nantinya akan menjadi menstruasi. Sayangnya, ketika fisik bekerja sangat keras dan stress membebani maka bisa jadi terjadi perubahan dalam proses yang sebetulnya normal ini. Misal seperti yang disebutkan di atas, walau perdarahannya intens namun ketika diperiksakan ternyata penebalan dinding rahim tidak kunjung luruh.

Nah ketika kamu sudah merasa sangat terganggu dan aktivitasmu terhambat karenanya, kamu mungkin akan membutuhkan bantuan dokter untuk bisa menyembuhkan diri. Meskipun begitu, kamu perlu ingat juga untuk selalu beristirahat, makan secukupnya dan bersantai sehingga kamu pun merasa lebih tenang. Ingat, aborsi sebenarnya adalah proses yang sangat aman. Namun ada baiknya jika dalam menjalani proses yang aman itu kamu tetap memperhatikan kebutuhanmu sendiri agar tetap bisa terhindar dari kemungkinan komplikasi maupun infeksi pasca tindakan. Bagaimana dengan obat pembersih? Tentu saja kamu tidak perlu menggunakan obat pembersih lain jika kamu sudah menggunakan misoprostol atau mendapat obat dari dokter. Kenapa begitu, bisa kamu temukan jawabannya di sini.

Semoga artikel tentang pendarahan saat aborsi ini membuatmu lebih tenang menjalani proses setelah penggunaan lockmisoprostol dan tetap jaga dirimu supaya selalu sehat dan aman ya 😀

Diambil dari: Hotline Misoprostol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *