Angka kematian ibu bisa dikurangi dengan misoprostol?

0
18
angka kematian ibu

Hi Ladies, ketemu lagi nih! Seperti biasa, kita akan ngobrol-ngobrol seputar misoprostol. Nah kali ini kita akan lihat bagaimana misoprostol ternyata bisa digunakan untuk mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) lho. Bingung? Yuk langsung saja kita cekidot artikelnya.

Sebelum masuk ke topik kita perlu tahu dulu definisi Kematian Ibu. Badan Kesehatan Dunia atau WHO mendefinisikan Kematian Ibu atau maternal deaths sebagai “kematian seorang perempuan dalam keadaan hamil atau 42 hari setelah terhentinya kehamilan, apapun penyebab kematian tersebut”. Singkatnya, kematian ibu bisa disebabkan oleh faktor-faktor yang berkaitan dengan kehamilannya maupun tidak, termasuk di antaranya adalah terhentinya kehamilan atau abortus. Abortus sendiri bukan selalu merupakan hal yang disengaja. Aborsi spontan alias keguguran sangat umum terjadi. Kembali lagi ke AKI, di Indonesia sendiri lebih dari dua puluh enam juta kehamilan berakhir dengan kematian ibu dari tahun 1990 -2015. Di tahun 2012 sendiri UNICEF memperkirakan lebih dari 200 kehamilan untuk setiap 100.000 kelahiran berakhir dengan kematian ibu dan bayi. Angka ini lumayan tinggi lho jika dibandingkan negara-negara lain. Sebagai contoh, tetangga kita Malaysia, ‘hanya’ mencatatkan 38 kematian ibu tiap 100.000 kelahiran.

Sampai sini kamu mungkin bertanya-tanya, terus bagaimana caranya obat aborsi bisa mengurangi AKI? Nah, inilah bagian yang paling menarik. Kamu mungkin sudah banyak yang tahu kalau aborsi bahkan lebih aman dari melahirkan. Karena itu, dengan akses aborsi aman mereka yang mengalami kehamilan usia anak dan remaja (10-19) bisa terhindar dari risiko kematian ibu dengan menghentikan kehamilan di usia kehamilan mulai dari 6 minggu. Psssttt, di tahun 1997 UNFPA mencatat kalau 12% dari perempuan berusia 15-19 tahun di Indonesia sudah menikah, bahkan sudah hamil. Angka ini bisa jadi lebih besar lagi jika kita menambahkan anak-anak berusia 10-14 tahun. Angka ini bahkan bertambah menjadi 25% di tahun 2008-2015. Menakutkan bukan?

Kembali lagi ke fungsi misoprostol untuk mengurangi AKI ya. Misoprostol juga kerap disebut-sebut sebagai obat ajaib yang bisa menghindarkan dan menghentikan perdarahan pasca melahirkan atau postpartum hemorrhage. Untuk informasi saja, PPH ini ‘berhutang’ 43% terhadap AKI di Indonesia. Menyedihkan sekali kan? Padahal sebetulnya angka ini bisa diturunkan dengan menggunakan misoprostol. Untuk cara penggunaannya, masukkan 800 mikrogram misoprostol ke dalam vagina ketika terjadi indikasi adanya perdarahan pasca melahirkan.

Sekarang semakin paham tentang kegunaan misoprostol, termasuk untuk mengurangi angka kematian ibu kan? 😀

Disadur dari Hotline Misoprostol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here