Batasan aborsi bisa dilakukan sampai usia kehamilan berapa?

0
73
batasan aborsi

Halo Ladies, semoga sehat semua ya! Nah kali ini kita akan ngobrol lagi soal aborsi aman. Kadang perempuan kurang menyadari batasan aborsi karena itu kali ini kita akan diskusikan lagi. Sebetulnya sampai kapan bisa aborsi aman? Apakah di usia kehamilan tertentu aborsi masih dianjurkan atau perlukah mempertimbangkan pilihan lain? Yuk cus…

Batasan sampai kapan bisa aborsi

Salah satu batasan aborsi aman adalah usia kehamilan. Aborsi medis bisa dilakukan ketika usia kehamilan sudah mencapai 6 minggu. Ini terkait dengan produk konsepsi dan prinsip kerja misoprostol yang berfungsi meluruhkan dinding rahim seperti ketika menstruasi. Jika kamu ingin aborsi di usia kehamilan lebih awal, kamu bisa melakukannya dengan metode aspirasi vakum yang efektif mulai dari usia kehamilan 5 minggu.

Lalu kapan batasnya aborsi aman bisa dilakukan? Aspirasi vakum bisa dilakukan hingga 12-14 minggu. Ini terkait dengan ukuran vakum yang nantinya akan dimasukkan ke vagina. Bagaimana dengan aborsi medis? Perempuan bisa menggunakan misoprostol untuk menghentikan kehamilan sampai usia 22 minggu sesuai panduan WHO atau 24 minggu sesuai panduan Gynuity. Mengapa 22-24 minggu? Karena pada usia kehamilan di atas itu maka janin sudah memiliki kemampuan bertahan hidup di luar rahim dan prosesnya akan sama seperti kelahiran prematur. Bagi perempuan sendiri tentu prosesnya juga akan menjadi jauh lebih berat jika dibandingkan dengan ketika aborsi medis dilakukan pada trimester pertama. Pada usia kehamilan di atas 24 minggu risiko komplikasi juga cenerung lebih nyata karena proses yang berat tadi.

Pada trimester kedua pun risiko hukum aborsi akan meningkat juga. Kenapa begitu? Hal ini terkait dengan produk konsepsi yang sudah berbentuk janin utuh sehingga membutuhkan manajemen yang lebih teliti. Apalagi ketika proses menghentikan kehamilan dilakukan di usia kehamilan selewat 24 minggu. Di usia ini, adanya kemungkinan bertahan hidup janin yang lebih tinggi menjadikan usaha mengehentikan kehamilan masuk dalam kategori pembunuhan anak. Perempuan bisa dipidana dengan pasal berlapis jika tertangkap menghentikan kehamilan di usia kehamilan selewat 24 minggu.

Nah Ladies, jika kamu memang berencana menghentikan kehamilan sebisa mungkin usahakan untuk melakukannya di trimester pertama dengan bantuan konselor ya untuk mengurangi risiko komplikasi dan trauma. Karena itu juga, usahakan deteksi kehamilan tidak direncanakan sedini mungkin.

Disadur dari hotlinemisoprostol.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here