Bagaimana Menyiapkan Aborsi Medis

0
361
aborsi medis
Sumber: womenhelp.org

Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan aborsi aman. Setelah kamu memutuskan untuk melakukan aborsi,selanjutnya kamu harus memutuskan apakah akan melakukan aborsi medis atau aborsi vacum. Penelitian telah menunjukkan bahwa individu dapat memilih salah satu metode aborsi yang paling baik dan sesuai untuk dirinya. Aborsi bedah atau vacum di klinik mungkin lebih baik bagi sebagian orang, sementara yang lain mungkin ingin melakukan aborsi medis, di mana mereka lebih merasa nyaman karena prosesnya bisa dilakukan di rumah sendiri.

Aborsi medis atau aborsi menggunakan obat penggugur kandungan dapat dilakukan dengan menggunakan dua jenis pil: mifepristone, yang menghentikan kehamilan dengan menghalangi hormon progesteron; dan misoprostol, yang menyebabkan rahim berkontraksi dan mengeluarkan jaringan kehamilan. Untuk seseorang yang mencari aborsi medis di klinik, mereka sering diberi mifepristone di klinik, dan kemudian diberi misoprostol untuk dibawa pulang. Ini memungkinkan seseorang untuk berada dalam ruang aman dan privasinya terjaga, karena misoprostol memang bisa digunakan dengan memilih tempat paling nyaman, misalkan rumah sendiri, atau menyewa kamar.

Jika kamu berpikir tentang aborsi medis, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kamu hamil. Kamu dapat melakukan ini dengan tes kehamilan urin atau testpack yang dapat kamu beli di apotik. Atau kamu dapat pergi ke fasilitas kesehatan dan mendapatkan tes darah untuk hormon kehamilan, atau USG. Meskipun USG tidak diperlukan sebelum aborsi dini, tapi hal itu penting karena dapat mengkonfirmasi usia kehamilan dan memastikan kehamilan dalam kondisi yang baik.

Setelah kamu tahu bahwa kamu hamil, kamu perlu memastikan usia kehamilan untuk memastikan aborsi medis adalah pilihan yang tepat. WHO telah menyatakan bahwa misoprostol, atau dengan mifepristone, telah terbukti efektif selama 12 minggu kehamilan, namun sebagian besar fasilitas kesehatan mengelola aborsi medis hingga sembilan minggu.

Seperti telah diuraikan di atas, USG dapat membantu memastikan usia kehamilan. Sebagai alternatif, kamu dapat menghitung jumlah hari yang telah berlalu sejak hari pertama dari periode terakhir mereka. Seharusnya rumah sakit dengan seorang perawat atau dokter juga dapat melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai lamanya kehamilan.

Akhirnya, penting untuk membuat rencana kapan mengambil obat penggugur kandungan dan memastikan seorang pendamping ketika tindakan yang dapat mengakses fasilitas medis jika diperlukan. Meskipun aborsi medis atau aborsi aman melibatkan risiko yang sangat rendah, lebih baik kamu mengajak seorang teman, pasangan atau siapapun itu asalkan benar-benar orang terdekatmu yang kamu percayai untuk memberikan dukungan emosional, dan membantu jika ada tanda-tanda komplikasi.

Sumber: How to Prepare for Medical Abortion (womenhelp.org)

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

TINGGALKAN KOMENTAR

Komentar di sini!
Ketikkan namamu di sini