Kontrasepsi Darurat dan Cara Pengunaannya

0
205
kontrasepsi darurat

Apa itu Morning After Pill (Plan B Pill)?

Morning After Pil (juga dikenal dengan nama pill Plan B), adalah kontrasepsi darurat yang dibutuhkan perempuan untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi darurat merupakan salah satu bentuk kontrol kelahiran yang dapat digunakan setelah hubungan seks tanpa kondom. Perlu diketahui bahwa Morning After Pil efektif jika diminum hingga 5 hari setelah berhubungan seks tanpa kondom. Namun, biasanya yang paling efektif adalah 36 jam atau 3 hari setelah berhubungan seks.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi darurat jika lupa menggunakan kondom saat berhubungan seks, kondom rusak saat berhubungan seks, lupa untuk mempertahankan metode KB biasa, atau bahkan karena dipaksa melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Pada dasarnya, Morning after pill bisa didapatkan tanpa resep, namun kini ada kebijakan baru di Indonesia yang mengharuskan untuk menggunakan resep dokter. Morning after pill itu tidak sama dengan pil untuk aborsi dan tidak akan mengakhiri kehamilan yang sudah ada. Itu hanya dapat mengurangi risiko bahwa seorang wanita akan menjadi hamil.

Bagaimana cara mencegah kehamilan?

Kehamilan tidak terjadi saat berhubungan seks. Sperma dapat hidup di dalam tubuh Anda hingga 6 hari, menunggu telur. Pagi hari setelah pil bekerja dalam waktu antara tindakan berhubungan seks dan menjadi hamil. Ini bisa memakan waktu hingga 6 hari. Pil akan menghentikan sementara ovarium dari melepaskan telur, sehingga tidak memungkinkan terjadinya pembuahan. Tanpa pembuahan, seorang wanita tidak dapat hamil.

Kelebihan morning after pill:

  • Mudah digunakan
  • Nyaman, hanya satu kali penggunaan yang dibutuhkan
  • Beberapa jenis tidak memerlukan resep
  • Dapat digunakan hingga 5 hari setelah berhubungan seks
  • Metode pencadangan yang efektif untuk keadaan darurat (kondom pecah misalnya)
    Kekurangan?
  • Ada beberapa kekurangan menggunakan Morning After Pil. ┬ásebab pil tidak sama efektifnya dengan jenis kontrol kelahiran lainnya (seperti IUD, koyo, suntikan, atau pil KB).
  • Ini juga bisa sangat mahal tergantung pada lokasi dan cakupan medis Anda. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menjadi satu-satunya bentuk pengendalian kelahiran orang.

Seharusnya hanya digunakan dalam situasi darurat

Efek samping dari pil pagi setelahnya bisa termasuk mual, muntah dan kram. Ini karena mungkin mengandung estrogen dan progesteron yang tinggi. Selain itu, Morning After Pilll tidak akan berfungsi jika tubuh Anda sudah mulai berovulasi. Terakhir, pil Plan B mungkin tidak se-efektif bagi mereka yang memiliki Body Mass Index di atas 25. Bagi para wanita itu, disarankan menggunakan Ella atau Paragard IUD. Morning After Pill tidak dimaksudkan untuk penggunaan jangka panjang. Baca tentang metode pengendalian kelahiran yang direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari dan hanya gunakan Morning AFter Pill dalam situasi darurat.

Seberapa Efektifkah itu?

Efektifitas Morning after pill tergantung pada metode mana yang digunakan. Pil berdasarkan Levonogestrel, seperti Plan-B, hingga 89% efektif ketika diambil kurang dari 3 hari setelah hubungan seks tanpa kondom. Ini akan terus bekerja hingga 5 hari setelah seks yang dilindungi, tetapi itu kurang efektif seiring berjalannya waktu. Karena itu, semakin cepat pil ini diambil, semakin efektif itu. Ella 85% efektif hingga 5 hari setelah berhubungan seks dan tetap sama efektifnya selama jangka waktu tersebut. Oleh karena itu lebih efektif setelah 3 hari dibandingkan pil berbasis levonogestrel.

Akhirnya, Paragard IUD 99% efektif hingga 5 hari setelah hubungan seks tanpa kondom. Ini juga bisa berfungsi sebagai metode pengendalian kelahiran yang normal setelah diterapkan, hingga 12 tahun. Namun jauh lebih invasif dibandingkan dengan mengambil pil setelah pagi.

Bagaimana Cara Menggunakan Pagi After Pill?

Menggunakan pil pagi setelahnya tidak sesulit metode KB lainnya. Dengan pil kontrasepsi pagi hari, seperti pil Plan-B, yang harus Anda lakukan adalah meminum pil pada waktu yang ditunjukkan pada kemasan, dalam waktu 5 hari setelah berhubungan seks.

Yang terpenting, Anda tidak boleh mencampur dua jenis kontrasepsi darurat atau mengambil dosis lebih tinggi dari yang disarankan. Tidak satu pun dari tindakan ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mencegah kehamilan. Bahkan, mereka dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil dan juga membuat Anda sakit.

Tips untuk Menggunakan Pil KB

Gunakan pil darurat sesegera mungkin setelah berhubungan seks tanpa kondom. Untuk pil yang membutuhkan dua dosis, atur alarm agar Anda tidak lupa mengambil pil kedua.

Kesimpulannya, jangan bergantung pada after morning pill pil untuk mencegah kehamilan jangka panjang. Ada cara yang lebih efektif dan lebih murah untuk melakukannya.

 

Dapatkan Update Terbaru

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

TINGGALKAN KOMENTAR

Komentar di sini!
Ketikkan namamu di sini