Bagaimana memberikan dukungan kepada perempuan pasca aborsi?

0
153
dukungan pasca anorsi
Sumber: timeout.com

Perempuan yang menjalani aborsi harus menerima informasi lisan dan tertulis yang jelas dan sederhana tentang cara merawat diri mereka sendiri setelah melakukan aborsi aman. Harus tersedia informasi dan sistem dukungan teman, sahabat lingkungan untuk mengenali tanda-tanda bahaya yang berpotensi merugikan perempuan.

Selain itu, informasi dan konseling tentang kontrasepsi juga harus diberikan. Perempuan mungkin mengalami berbagai kondisi emosional yang berbeda setelah aborsi. Kamu atau tenaga kesehatan dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan kepada mereka selama masa sulit ini. Di bawah ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendukung perempuan setelah aborsi:

Membangun Kedekatan dengan Perempuan

Tugas pertama kamu adalah membangun kedekatan, atau kemitraan dengan perempuan. Hubungan yang dekat  ini berfungsi sebagai sistem pendukung yang mendorong perempuan untuk mendapatkan lingkungan yang supportif. Membangun hubungan kedekatan antara kamu dan perempuan yang telah melakukan aborsi sangat penting sebagai bentuk dukungan/asuhan pasca aborsi.  Keterampilan penting dalam membangun hubungan termasuk menunjukkan empati, menguatkan keyakinan, nilai-nilai dan sikap, serta mendengarkan secara aktif.

Kemampuan berempati dengan Perempuan

Empati berarti memahami situasi perempuan dari sudut pandangnya dan mencoba fokus pada perasaannya. Berempati adalah menempatkan diri kamu pada posisi perempuan dan mencoba melihat situasinya saat ini seperti ia melihat dan merasakannya, dengan mempertimbangkan dampak yang akan dialami keluarga, pendidikan, budaya, dan kehidupannya. Ini bisa menjadi hal yang sulit dilakukan, terutama jika kita tidak menyetujui tindakan yang diambil seseorang karena keyakinan, nilai, dan sikap kita sendiri. Jadi pastikan kamu tidak bersifat penuh prasanka/judgemental.

Kemampuan untuk menguatkan perempuan tentang keyakinan, nilai dan kepercayaan atas tindakannya

Terkadang petugas kesehatan atau kamu tidak ingin memberikan layanan/membantu jika kamu percaya bahwa orang tersebut telah melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai yang ia percayai. Mereka juga dapat memperlakukan perempuan dengan kasar jika mereka kurang informasi atas pilihan perempuan melakukan aborsi.  Hal tersebut sering terjadi dalam kasus aborsi, dimana banyak orang memiliki kepercayaan nilai yang kuat untuk menstigma perempuan yang melakukan aborsi.

Kita semua memiliki nilai dan keyakinan dan penting untuk tidak memaksakan ini pada orang lain. Nilai-nilai yang kita yakini datang dari pengalaman yang telah kita lalui, dan setiap nilai itu selalu memiliki potensi untuk berubah kapanpun dalam kehidupan kita. Dalam komunitas mana pun, tidak mungkin setiap orang akan memiliki sikap, nilai, dan keyakinan yang sama karena mereka dibentuk oleh banyak faktor yang terkait dengan pengalaman individu.

Meskipun setiap orang berhak atas keyakinan dan sikapnya sendiri, petugas kesehatan atau kamu yang ingin menjadi teman bagi perempuan yang telah melakukan aborsi memiliki kewajiban profesional untuk tidak membiarkan hal ini menjadi penghalang untuk memberikan perawatan, dukungan atau bantuan. Penting untuk melihat diri kamu sendiri dan menyadari bagaimana keyakinanmu, nilai-nilai dan sikapmu  memengaruhi cara kamu berinteraksi dengan setiap perempuan, atau memengaruhi apa yang kamu katakan dan lakukan. Jadi pastikan kamu tidak memaksakan nilaimu pada orang lain, dan berusahalah untuk selalu terbuka kepada nilai orang lain, dan menghargai setiap pilihan perempuan, sebab perempuan memiliki otoritas atas tubuhnya.

Menjadi Pendengar yang Aktif

Menjadi pendengar yang aktif adalah langkah lain yang perlu kamu praktekkan untuk membangan hubungan dan mendukung perempuan yang telah melakukan aborsi . Mendengarkan dengan aktif adalah tentang menunjukkan bahwa kamu mendengarkan dengan saksama dan penuh empati.

Kamu dapat melakukannya melalui isyarat, suara, dan bahasa tubuh. Kamu dapat mengulang kembali apa yang telah dikatakan kepadamu, agar temanmu/perempuan yang mengalami aborsi yakin bahwa kamu adalah pendengar yang baik. Metode lain yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pendengar yang aktif adalah  menggunakan pertanyaan yang mencerminkan bahwa kamu telah mendengar apa yang dikatakan perempuan itu.

Mari bersama memberikan dukungan untuk setiap perempuan, apapun pilihan yang ia ambil. Sebab setiap perempuan memiliki otoritas atas tubuhnya!

Diterjemahkan dan diolah dari : Post Abortion Care.

Dapatkan Update Terbaru

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

TINGGALKAN KOMENTAR

Komentar di sini!
Ketikkan namamu di sini