6 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Kontrasepsi Darurat

0
418
kontrasepsi darurat

Keberadaan kontrasepsi darurat atau yang biasa disebut morning after pill akan jadi hal yang sangat membantu bagi mereka yang telah berhubungan seks secara aktif. Tetapi, seringkali, bahkan hanya untuk mendapatkan informasi yang komprehensif tentang apa itu morning after pill, bagaimana cara kerjanya, serta efek apa yang akan terjadi pada tubuh ketika meminumnya bisa sangat sulit. Padahal, informasi mengenai itu semua sangat penting bagi kehidupan seks seseorang.

Seperti dilansir dari Bustle, Dr. Savita Ginde, salah seorang dokter dari Denver, Amerika Serikat yang fokus pada kesehatan perempuan mengungkapkan bagaimana kerja morning after pill setelah seseorang meminumnya.

“Biasanya bekerja dalam 72 jam pertama atau akan lebih baik setelah 12 jam dengan salah satu dari tiga cara berikut: menghentikan pelepasan sel telur sementara, menghentikan pembuahan, atau mencegah telur yang akan dibuahi menempel ke rahim,” terangnya. 

Untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana morning after pill bekerja, berikut tujuh fakta yang perlu disimak seperti dilansir dari Bustle

1. Waktu adalah Kunci Efektivitas Morning After Pill 

Mengonsumsi morning after pill dalam waktu paling lambat 72 jam setelah melakukan seks tanpa pengaman adalah aturan umum yang banyak diketahui orang tetapi yang perlu disadari bahwa justru lebih cepat meminumnya lebih baik. Waktu adalah komponen utama yang akan mempengaruhi efektivitas morning after pill. 

2. Kontrasepsi Darurat Memberikan Efek Samping yang Berbeda Bagi Setiap Individu

Biasanya efek samping yang terjadi adalah perubahan periode menstruasi. Seseorang yang mengonsumsi morning after pill akan merasakan periode menstruasi di luar kebiasaan. Menstruasi akan terjadi seminggu atau dua minggu setelah morning after pill dikonsumsi dan setelah itu periode menstruasi akan kembali normal. Namun, jika ternyata menstruasi tidak kunjung tiba, melakukan tes kehamilan adalah pilihan yang bijak. 

3. Kontrasepsi Darurat Tidak akan Membuat Mandul

Mengonsumsi pil KB tidak mempengaruhi fertilitas seorang perempuan dalam jangka panjang, meskipun kesalahpahaman ini sudah cukup lama dipercaya. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Dr. Erin Burke, PhD, dari Modern Fertility tentang kesenjangan informasi dalam fertilitas, ditemukan fakta bahwa sebesar 42% responden perempuan tidak menyadari bahwa menggunakan kontrasepsi hormonal (pil, IUD, patch) selama lebih dari lima tahun tidak mengurangi fertilitas mereka.

4. Morning After Pill Hanya Bekerja Sekali untuk Setiap Seks Tanpa Pengaman

Morning after pill efektif untuk sekali pakai yang artinya pil tersebut bekerja jika dikonsumsi setelah hubungan seks tanpa pengaman. Untuk tindakan seks tanpa pengaman berikutnya tetap dapat menyebabkan kehamilan apabila terjadi ovulasi.

5. Sangat Penting untuk Tidak Menganggap Kontrasepsi Darurat Berfungsi Hanya Karena Kamu Telah Mengkonsumsi 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi efektivitas morning after pill. Meskipun kamu telah meminumnya jangan beranggapan kalau pil tersebut 100% bekerja. Tetap pantau siklus menstruasi dan bersikap waspada dalam mengenali tanda-tanda kehamilan. Lakukan tes kehamilan jika menstruasi tak kunjung tiba.

6. Selalu Berhati-hati Saat Menggunakan Kontrasepsi Darurat

Dalam kondisi tertentu ada perempuan yang tidak dianjurkan mengkonsumsi morning after pill. “Perempuan dengan hipersensitivitas atau reaksi alergi terhadap progestin tidak boleh mengkonsumsinya,” terang Dr. Danielle R. Plummer seperti dikutip dari Bustle. Selain itu, perempuan perokok juga harus berhati-hati saat menggunakan morning after pill karena obat tersebut dapat menyebabkan resiko penyakit kardiovaskular meningkat. “Begitu juga bagi mereka yang memiliki riwayat kanker payudara dan yang mempunyai gejala migrain, asma, atau epilepsi,” lanjutnya. Untuk pemahaman yang lebih menyeluruh tentang bagaimana morning after pill dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang, maka sangatlah penting untuk membahasnya terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan yang terpercaya.

Bagaimanapun juga, morning after pill adalah kontrasepsi darurat yang tidak dapat dipakai untuk mencegah kehamilan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, obat tersebut tidak lebih efektif apabila dibandingkan dengan alat kontrasepsi lain yang bisa dilakukan secara konsisten dalam jangka panjang. Bicarakan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya tentang jenis kontrasepsi yang lebih efektif dan dapat digunakan secara teratur. Selain itu, carilah informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan untuk memilih alat kontrasepsi jangka panjang. 

Dapatkan Update Terbaru

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

TINGGALKAN KOMENTAR

Komentar di sini!
Ketikkan namamu di sini