Categories
Aborsi 101

Apa saja tanda aborsi sudah bersih?

Apakah kamu penasaran dan ingin tahu apa saja tanda aborsi sudah bersih?

Aborsi bersih hanya bisa diketahui dengan memastikan terlebih dahulu apakah aborsi sudah berhasil atau belum. Oleh karena itu, sebelum kita membahas tanda aborsi sudah bersih, penting kita memahami dulu apa itu aborsi yang berhasil, dan perbedaan antara aborsi bersih dan tidak bersih.

Keberhasilan aborsi bisa diketahui dalam beberapa hari setelah aborsi dengan mengidentifikasi:

  1. reaksi saat mengkonsumsi obat,
  2. hasil konsepsi atau apa saja yang keluar, dan
  3. berkurangnya tanda-tanda kehamilan. Artinya,  proses aborsi sudah berjalan dan kehamilan tidak berlanjut.

apa saja tanda Aborsi sudah bersih?

Yang dimaksud aborsi sudah bersih atau istilah medisnya disebut aborsi komplit, adalah kondisi dimana semua hasil konsepsi telah keluar. Tidak ada sisa. Jika dilakukan dengan cara bedah seperti vakum atau kuretase, aborsi bisa bersih segera setelah tindakan. Hal ini karena vakum bisa langsung menyedot hasil konsepsi saat dilakukan tidakan. Hal ini tidak berlaku sama untuk aborsi medis.

Penting untuk diketahui bahwa aborsi medis membutuhkan proses untuk bisa mengeluarkan semua hasil konsepsi. Yang dimaksud hasil konsepsi adalah darah, gumpalan darah, kantung kehamilan dan embrio atau janin. Untuk memastikan bahwa semua hasil konsepsi telah keluar dibutuhkan waktu 3-4 minggu sejak mengkonsumsi Misoprostol.

Tanda aborsi sudah bersih bisa diketahui dengan melakukan tes kehamilan 3 minggu setelah tindakan. Aborsi sudah bersih atau komplit jika hasil tes kehamilan negatif. Biasanya setelah beberapa minggu juga sudah tidak ada gumpalan yang keluar.

tanda Aborsi belum bersih

Aborsi tidak komplit adalah kondisi dimana aborsi sudah berhasil, artinya kamu tidak dalam kondisi hamil lagi. Namun, masih ada sebagian hasil konsepsi yang belum keluar dari rahim.  Salah satu tanda aborsi belum bersih adalah masih adanya kram dan keluarnya gumpalan darah darah beberapa minggu setelah tindakan. Lakukan tes kehamilan 3 minggu setelah tindakan. Jika hasil tes menunjukkan negatif berarti aborsi telah komplit, namun jika menunjukkan hasil samar, ada kemungkinan kamu mengalami aborsi tidak komplit.

Penanganan

Jika terjadi aborsi tidak komplit pada usia kehamilan dibawah 12 minggu, kamu bisa menggunakan dosis tambahan 2 tablet Misoprostol untuk membantu mengeluarkan sisa hasil konsepsi.

Ingat, jika tidak ada tanda-tanda komplikasi maka kamu tidak membutuhkan intervensi medis. Tubuhmu akan mengeluarkan semua sisa hasil konsepsi. Itu kenapa sebagian perempuan mengeluh kram saat menstruasi berikutnya. Saat menstruasi, tubuh memproduksi prostaglandin (zat yang bekerja seperti misoprostol) yang mengakibatkan kontraksi di dalam rahim dan meluruhkan serta mengeluarkan darah menstruasi. Jika masih ada sisa, sisa tersebut akan keluar bersamaan dengan menstruasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.