Categories
Aborsi 101

Obat menggugurkan kandungan, sudah berhasil atau belum?

Kalau kamu melakukan aborsi medis secara mandiri dengan menggunakan misoprostol, misalnya minum cytotec, gastrul atau merk lainnya. Wajar kalau kamu merasa khawatir dan ragu apakah aborsi sudah berhasil atau malah justru gagal. Dalam situasi ini kamu mungkin merasa bingung dan serba salah, mungkin juga merasa panik. Apalagi kamu mungkin tidak bisa cerita pada dokter kalau kamu baru saja minum obat untuk menggugurkan kandungan.

Apakah aborsi saya berhasil?

Aborsi yang berhasil ditandai dengan; (a) kram dan perdarahan, (b) eluarnya hasil konsepsi, dan (c) berkurangnya tanda-tanda kehamilan.

Yang dimaksud hasil konsepsi adalah semua produk kehamilan seperti gumpalan darah, kantung kehamilan dan embrio atau janin sesuai dengan usia kehamilanmu.

Hasil konsepsi atau apa saja yang akan keluar saat aborsi akan berbeda-beda tergantung usia kehamilan. Untuk usia kehamilan hingga 9 minggu, kamu mungkin hanya akan melihat gumpalan darah dan kantung kehamilan yang berwarna putih transparan seperti insang ikan. Seringkali kamu tidak bisa melihat kantung kehamilan karena tertutup oleh gumpalan darah. Gumpalan darah yang keluar, bisa sedikit atau banyak, namun rata-rata ukurannya berkisar 1- 5 cm atau sebesar 2- 3 ruas jari. Sedangkan, pada usia kehamilan di atas 9 minggu sampai 12 minggu, kamu mungkin akan melihat janin yang sangat kecil disertai gumpalan darah kecil-kecil.

Apakah sudah komplit?

Namun aborsi yang berhasil ini belum tentu komplit atau sudah bersih, karena meskipun kantong kehamilan sudah keluar, ada kemungkinan masih ada gumpalan darah yang tertinggal dan belum luruh dari dinding rahim. Biasanya butuh waktu beberapa minggu setelah kamu minum obat menggugurkan kandungan supaya seluruh darah dan jaringan yang tersisa keluar. Dan ketika semuanya sudah keluar barulah bisa dipastikan bahwa aborsimu komplit. Tetapi kamu tidak perlu takut atau terburu-buru melakukan kuret meskipun masih ada gumpalan darah yang tertinggal.

Lakukan tes kehamilan 3-4 minggu setelah aborsi untuk mengetahui apakah sudah komplit atau belum. Jika hasil tes kehamilan sudah negatif, maka bisa dipastikan bahwa aborsimu sudah komplit.

Apakah saya perlu USG untuk memastikan berhasil?

Pada dasarnya, USG tidak perlu dilakukan. Namun jika kamu merasa was-was, silahkan lakukan USG. Disarankan untuk melakukan USG paling tidak 10 hari sejak minum obat. Jika USG dilakukan lebih cepat, ada kemungkinan hasil USG menunjukkan aborsi yang tidak komplit dan kamu akan disarankan untuk vakum atau kuret.

Tubuh membutuhkan waktu beberapa minggu untuk sepenuhnya mengeluarkan semua jaringan dan produk dalam rahim. Ini adalah normal. USG tidak disarankan dan Kamu dapat menunggu selama 2-3 minggu dengan memperhatikan apakah tanda-tanda kehamilan berkurang, dan melakukan tes kehamilan untuk mengkonfirmasi aborsi komplit. 

Ingat, banyak perempuan masih mengeluarkan jaringan dan darah selama beberapa minggu. Jika Kamu tidak memiliki gejala komplikasi seperti nyeri hebat di perut, demam terus menerus, perdarahan sangat kuat, keputihan berbau, Kamu tidak memerlukan intervensi bedah apapun seperti D & C (dilatasi dan kuretase), bahkan jika dokter menyarankan ini .

Bagaimana jika ternyata gagal?

Jika aborsimu gagal, kamu bisa mengulangi tindakan dengan dosis dan protokol yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia. Jika berhasil, kamu tinggal menunggu 3 minggu sebelum melakukan tes kehamilan dan mengkonfirmasi apakah aborsi sudah bersih atau belum.

15 replies on “Obat menggugurkan kandungan, sudah berhasil atau belum?”

Ass,janin saya berumur 1 bulan, kak begini sy sdh menggugurkan nah klr gumpalan darah, ada yg lembek dan keras bahkn ad juga yg wrn putih sy pikit ari2nya.apakah aborsi sdh berhasil atau belum, krn perut masih skit dan mengeluarkan darah.

Halo Meg, setelah menggugurkan kandungan kamu masih akan mengalami kram perut dan perdarahan hingga sekitar tiga minggu. Tidak apa-apa, itu masih normal. Bila kamu khawatir, kamu bisa menghubungi layanan Hotline Samsara di nomor telepon 089674677433 – 081327171188 – 085729001188 – 087839770033 setiap Senin sampai Jumat dari pukul sepuluh pagi sampai pukul sembilan malam 🙂

Hallo kak saya mau tanya, janin saya udah 9 minggu, saya menggunakan obatnya pada hari jumat 9 juni 2017, pada saat menggunakan cytotec nunggu beberapa jam perut saya mulai kram2, dan pendarahan. Pada saat saya buang air kecil saya merasakan gumpalan yg keluar banyak, dan ketika saya mau bersihkan alat vital tiba2 ada bentuk warna putih di tangan saya, trus yg ke 2 kali ke kamar mandi sama juga seperti sebelumnya, disitu saya masih merasakan kram hingga sampai tengah malam, dan sekarang, pendarahannya seperti haid biasa, dan saya bingung mau minum obat pembersihnya itu ketika darahnya masih ngalir atau sudah berhenti. Dan saat ini saya ngerasa perut saya kembung dan ada gas2 gtu, apakah itu masih pengaruh obat cutotec masih bekerja atau bagaimana kak?

Usia kehamilan saya 6minggu saya minum obat cytoce 6 jam kemudia saya diare bab mencret dan 8jam kemudian ada darah gumpaln sedikit dan sampai skrng baru sedikit darah yg kelur apa itu berhasil atau tidak dok

Halo Dewi, kamu bisa menunggu tiga minggu sejak terakhir kali minum cytotec untuk test pack. Informasi lebih lanjut bisa chat di samping atau hubungi layanan-layanan konseling seperti Samsara.

Dok mau tanya saya sudah menggunakan obat cytotc hasilnya pendarahan keluar hingga kurun waktu 3minggu masih keluar dan cek tes kehamilanpun positif apakah masih ada hormon yg menempel?tindakan sy bagai mana ?minta saran serta infonya ya soalnya binggung

Dok saya mau nanya kalau setelah 3 minggu test peck masih menunjukkan garis 2 tetapi yg satunya samar-samar apakah kehamilan masih berlannjut dok? Atau harus meminum lagi obatnya,, mohon infonya

Mau tanya kak habis minum obat cytotec perut sakit BAB terus keluar darah selama 2 hari apakah ini berhasil apa tdk ada gumpalan darah sedikit

Hai kak, dimana ya saya bisa mendapatkan cytotec asli dan terpercaya, krn saya berkali2 beli selalu ditipu. Mohon informasinya.

ka aku sdh minum misotab, darah keluar tapi tidak terlalu bnyak gumpalan kecil jg sedikit tapi saya blm melihat gumpalan besar ka, mnurut kk gmna ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.