Memastikan Klinik/Obat Aborsi Aman

Meskipun aborsi dibatasi di Indonesia. Faktanya klinik aborsi dan penjual obat-obatan ada di mana-mana. Klinik-klinik tersebut bisa ditemukan dengan mudah di kota-kota besar, dan penjualan obat di internet sangat marak, bahkan layanan aborsi dengan metode tradisional pun ada di banyak tempat.

Permasalahannya adalah meskipun layanan tersebut tersedia namun tidak ada regulasi atau informasi yang cukup bagi perempuan untuk memastikan bahwa layanan yang ia pilih adalah aman. Bahwa layanan tersebut diberikan untuk memastikan hak atas kesehatannya terpenuhi, bukan untuk mencari keuntungan dari situasi yang dihadapi perempuan.

Dalam situasi yang tidak ideal, dimana negara tidak menjamin hak kesehatan perempuan, dimana penyedia layanan hanya mencari keuntungan dari situasi perempuan. Maka dalam situasi ini, perempuan lah yang harus berani dan cerdas memilih layanan dan memastikan yang terbaik.

Apa saja yang harus kamu ketahui sebelum mencari layanan aborsi aman:

Lakukan  tes USG untuk mengetahui pasti usia kehamilan kamu. Lakukan tes USG di rumah sakit atau klinik dan minta hasil USG dalam bentuk print. Pastikan usia kehamilan tertera dalam hasil print. Usia kehamilan menentukan metode dan harga aborsi. Seringkali klinik membohongi klien dengan menyebutkan usia kehamilan tertentu supaya perempuan membayar lebih mahal.

Kalau kamu mengunjungi klinik, cek dengan mata anda sendiri kondisi klinik apakah sesuai dengan standar klinik yang bersih dan aman. Kalau kamu bingung, ikuti intuisi mu, apakah klinik tersebut cukup bersih atau tidak. Lihat gerak gerik perawat dan dokter. Tanya bagaimana mereka membersihkan alat-alat medis. Kalau kamu ragu, jangan takut untuk meninggalkan klinik dan mencari tempat lain.

Perhatikan apakah dokter atau perawat menawarkan konseling atau tidak. Kalau kamu sudah yakin dengan keputusan aborsi, konseling mungkin cukup menjengkelkan. Namun jika klinik memberikan layanan konseling ini adalah salah satu indikator bahwa klinik tersebut punya perspektif yang bagus berhubungan dengan hak dan kesehatan. Klinik yang hanya ingin mengambil keuntungan dari situasi perempuan tentu akan senang jika kamu mengambil keputusan aborsi dengan mudah, karena ini dapat menghasilkan uang bagi mereka.

Kalau kamu memesan obat, tanyakan banyak hal yang berhubungan dengan prosedur penggunaan obat dan resiko yang mungkin terjadi. Jika penjual obat tidak dapat memberi penjelasan, bisa jadi dia hanya tahu jualan, jangan ambil resiko kesehatan anda dengan percaya pada pedagang. Yang kamu butuhkan adalah orang yang bisa menjelaskan protokol yang tepat, menjelaskan berbagai resiko yang mungkin terjadi dan bagaimana menghindari atau mengatasinya.