Saat tiba di halaman ini, kamu mungkin sedang mempertimbangkan untuk mencari obat aborsi, namun kamu bingung dan khawatir tidak bisa membedakan obat aborsi yang asli. Hal ini wajar karena banyak orang yang tertipu saat membeli obat aborsi, terutama jika membeli online. Banyak yang membeli obat melalui internet dan harus membayar di awal tanpa ada garansi bahwa obat yang akan mereka terima adalah obat asli dan berkualitas.

Obat aborsi di Indonesia

Obat aborsi adalah obat yang bisa kamu gunakan untuk menghentikan kehamilan atau menggugurkan kandungan. Berdasarkan rekomendasi WHO,  aborsi dengan obat bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan menggunakan kombinasi obat Mifepristone dan Misoprostol. Kedua, dengan menggunakan Misoprostol saja. Kamu bisa memilih salah satu metode tersebut. Jika kamu tinggal di negara yang tidak memiliki Mifepristone, maka Misoprostol saja sudah cukup untuk menggugurkan kandungan.

Mifepristone merupakan obat yang didaftarkan untuk aborsi. Karena aborsi di Indonesia dibatasi secara hukum,  obat ini tidak terdaftar di Indonesia. Oleh karena itu, jika kamu berada di Indonesia maka opsi yang kamu miliki adalah menggunakan Misoprostol saja. Misoprostol didaftarkan di Indonesia sebagai obat tukak lambung, namun dalam prakteknya Misoprostol juga banyak digunakan dalam penanganan obstetrik, termasuk untuk penanganan keguguran, membantu pembukaan saat melahirkan, termasuk untuk pencegahan dan penanganan perdarahan pasca melahirkan.

Misoprostol VS Cytotec

Banyak yang salah kaprah dan tertukar antara Misoprostol dan Cytotec. Misoprostol adalah zat atau kandungan obatnya, sedangkan Cytotec adalah merk dagang obat. Cytotec paling dikenal karena merk ini adalah merk paten untuk Misoprostol. Namun saat ini sudah banyak obat generik yang mengandung Misoprostol dan harganya jauh lebih murah dari Cytotec.

Bentuk obat

Secara umum obat misoprostol berwarna putih, ada yang berbentuk tablet bulat, dan ada yang berbentuk tablet lonjong. Merk Cytotec buatan Pfizer biasanya berbentuk Hexagon atau persegi enam.

Apa saja merk misoprostol di Indonesia?

Berdasarkan informasi dari website Badan Pengawas Obat dan Makanan, berikut adalah merk obat misoprostol yang tersedia di Indonesia:

  1. Mipros
  2. Inflesco
  3. Proster
  4. Misoprostol
  5. Gastrul
  6. Misotab
  7. Cytostol
  8. Noprostol
  9. Invitec
  10. Adlansis
  11. Prosomed
  12. Cytotec
  13. Sopros

Bagaimana mengetahui apakah obat asli atau tidak?

Sulit untuk mengetahui keaslian obat jika hanya dilihat dari bentuknya saja, terutama jika obat tidak dikirimkan dalam kemasan. Ya, seringkali penjual obat menjual obat tidak dalam kemasan, biasanya untuk keamanan pada saat pengiriman. Asli atau tidaknya obat hanya bisa diketahui dengan mendeteksi ada tidaknya reaksi dan efek samping obat pada saat digunakan. Jika tidak ada reaksi sama sekali, ada kemungkinan obat tersebut palsu. Jika yang muncul hanya efek samping saja, bisa jadi obatnya palsu atau sudah kadaluarsa.

Harga Obat

Harga obat jika dibeli resep dokter biasanya akan jauh lebih murah dari yang kamu temukan lewat online atau tanpa resep dokter. Sebagai pembanding, satu bungkus merk X berisi 30 tablet bisa di dapat di harga 500 ribu. Namun jika kamu membeli tanpa resep dokter, untuk 12 tablet harganya  berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000 Pastikan kamu tidak membayar lebih dari harga tersebut. Bila kamu masih ragu, kamu bisa mengunjungi website ini untuk mengetahui mana penjual yang bisa dipercaya berdasarkan rekomendasi dari banyak perempuan