Perdarahan setelah minum obat aborsi tidak berhenti

perdarahan setelah minum obat aborsi

Kenapa perdarahan setelah minum obat aborsi tidak berhenti? Apakah saya perlu khawatir? Bagaimana membedakan perdarahan normal dan tidak? Yup, setelah meminum misoprostol perempuan akan mengalami perdarahan seperti menstruasi yang bisa berlangsung selama beberapa minggu sejak mengkonsumsi misoprostol.

Berapa lama saya akan mengalami perdarahan?

Biasanya perempuan akan mengalami perdarahan seperti menstruasi 9 – 14 hari setelah aborsi medis. Sebagian mengalami perdarahan hingga 3 – 4 minggu. Selama perdarahan, normal jika ada gumpalan-gumpalan darah yang keluar. Perdarahan biasanya akan banyak di beberapa hari pertama dan setelahnya akan berkurang jumlahnya hingga berhenti sama sekali. Kadang perdarahan sempat terhenti dan berlanjut lagi. Setelah beberapa minggu, perdarahan mungkin hanya berupa spotting saja.

Jika kamu mengalami situasi seperti di atas, dan selama tidak ada tanda-tanda komplikasi, kamu tidak perlu khawatir akan bahaya. Kamu bisa menunggu sampai perdarahan berhenti dengan sendirinya.

Kenapa bisa terjadi Pendarahan?

Pada prinsipnya, aborsi medis bekerja seperti menstruasi yang alami. Setelah ovulasi terjadi penebalan dinding rahim yang nanti akan menjadi tempat hasil pembuahan atau kehamilan menempel dan berkembang. Jika ovum tidak dibuahi, artinya penebalan dinding rahim ini tidak diperlukan lagi, maka terjadilah peluruhan dinding rahim atau yang biasa kita kenal sebagai menstruasi.

Nah saat kita hamil, hasil pembuahan menempel di dinding rahim, Saat melakukan aborsi medis, misoprostol bekerja dengan mengakibatkan kontraksi di dinding rahim — yang memaksa tubuh meluruhkan dinding rahim — mekanisme yang sama seperti menstruasi. Itu kenapa setelah aborsi medis, kamu akan mengalami perdarahan yang sama seperti menstruasi.

Apakah perlu obat pembersih?

Tidak. Kamu tidak membutuhkan obat pembersih. Dengan cara kerja yang sama seperti menstruasi, dengan berjalannya waktu tubuh akan mengeluarkan sisa kehamilan.

Jika kamu mengeluh nyeri saat perdarahan – sama seperti nyeri saat menstruasi, maka kamu boleh mengkonsumsi pereda nyeri seperti ibuprofen.

Semoga artikel ini membuatmu lebih tenang saat mengalami perdarahan setelah minum obat aborsi dan tetap jaga dirimu supaya selalu sehat dan aman ya 😀