Merasa sedih, apa yang harus saya lakukan?

sedih

Saat ini kamu sedang merasa sedih? 

Meskipun kesedihan sering dianggap sebagai sesuatu yang tidak nyaman dan menyakitkan, namun kesedihan juga memiliki fungsi yang penting.

Kesedihan dapat memberi kita informasi penting. Perasaan sedih mengindikasikan sebuah kehilangan, bisa karena kehilangan seseorang yang kita miliki atau sesuatu yang kita miliki. Perasaan sedih juga bisa muncul ketika kita merasa belum mencapai tujuan hidup, kehilangan harapan, atau menyerah pada mimpi.

Saat sedih seringkali kita beranggapan bahwa perasaan ini akan permanen dan tidak dapat diubah. Penting untuk mengingat bahwa kesedihan adalah bagian dari proses berduka yang akhirnya mengarah pada sesuatu yang positif. Kita memang tidak dapat mengubah keadaan yang membuat kita merasa sedih, tapi dengan waktu kita akan belajar menerima dan merelakan apa yang sudah terjadi. Kita tidak dapat mengubah apa yang terjadi tapi kita selalu bisa mengubah dan memiliki kontrol atas sikap kita.

Perasaan sedih bukan sesuatu yang permanen, ini adalah sebuah proses, dan pikiran kita bisa berubah-ubah selama melalui proses ini. Kesedihan yang kita rasakan mungkin bisa memicu kita untuk berdamai, atau sebaliknya justru membuat kita menarik diri.

Satu hal yang umum terjadi saat kita merasa sedih, biasanya kita juga mulai kembali membangun komunikasi dengan orang lain, terutama mereka sahabat atau keluarga kita. Di masa seperti ini biasanya kita kembali mengingat orang-orang yang berharga dalam hidup kita dan kita mengharapkan mendapat dukungan dan kenyamanan dari mereka.

Jika kamu merasa seperti itu, jangan ragu untuk menghubungi orang-orang yang kamu percayai dan meminta dukungan mereka. Memang butuh keberanian untuk menunjukkan bahwa kita sedang dalam masa sulit, tapi relasi kita dengan orang-orang ini akan benar-benar diuji melalui masa-masa sulit seperti ini. Kamu dapat menilai siapa yang benar-benar kamu percayai dan siapa yang bisa kamu andalkan. Butuh kebesaran hati untuk meminta bantuan dan dukungan dari orang lain.

Saat kita merasa sedih, tubuh juga bisa bereaksi dengan munculnya rasa sakit, otot yang tegang atau terasa sesak di dada. Sebagian orang merasa sedih tanpa menunjukkan raut muka sedih dan tanpa tangisan, sebagian lagi mungkin akan banyak menangis dan tidak mampu menutupi kesedihannya. Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa sedih, tidak ada yang ‘benar’ atau ‘salah’.

Persepsi kita tentang kesedihan yang kita rasakan dapat menentukan bagaimana proses kesedihan tersebut berkembang.

Pikiran tentang kehilangan, rasa hampa dan rasa sakit yang menyertai kesedihan itu bisa jadi sangat tidak tertahankan. Sebagian orang mungkin akan menghindari pikiran-pikiran tersebut dan mencoba mengalihkannya ke hal lain. Sebagian lain mungkin akan menangis — dan mungkin merasa malu karenanya. Sebagian lain mungkin akan menunjukkan perilaku amarah dan menarik diri. Semua itu adalah cara untuk menghindari kesedihan dengan berbagai cara dan untuk berbagai alasan yang berbeda.

Namun ada sebagian orang yang juga menyambut dan menerima kesedihan tersebut. Biasanya mereka memahami bahwa kesedihan adalah proses alami dan bahwa menangis adalah cara tubuh mengeluarkan emosi yang terpendam. Orang seperti ini biasanya juga dapat menghargai dan menerima dukungan yang diberikan oleh orang-orang di sekitarnya.

Bagaimana cara kita berpikir dan menilai pengalaman kesedihan kita, dapat mempengaruhi bagaimana kesedihan termanifestasikan di dalam pikiran dan tubuh kita.

Bagaimana kesedihan terungkap lewat emosi-emosi lainnya

Kesedihan erat kaitannya dengan perasaan marah, putus asa atau tidak berdaya. Terkadang perasaan ini bisa muncul ke permukaan, tetapi sebenarnya menutupi perasaan yang sebenarnya. Misalnya saat putus relasi, kita mungkin marah-marah pada mantan kita, kita menunjukkan kemarahan dan kebencian, namun sebenarnya ini menutupi perasaan sebenarnya bahwa kita masih mencintai dia dan merasa kehilangan dia. Kadang, saat sedih seseorang juga bisa tampak seperti tidak merasakan apa-apa sama sekali. Ini juga salah satu indikasi menghindari kesedihan. Meskipun cara-cara tersebut mungkin membantu membuat perasaan kita merasa lebih baik di saat itu, namun menghindari rasa yang menyakitkan sebetulnya dapat memperpanjang proses bersedih dan kehilangan kita. Membuat proses pemulihan menjadi lebih berat dan lebih lama.

Bagaimana cara yang sehat untuk mengatasi kesedihan

Keinginan untuk menghindari perasaan sedih adalah sesuatu yang wajar dan dapat dipahami, terutama saat kita merasa tidak punya solusi atau jalan keluar.

Pahamilah bahwa kesedihan sebenarnya dapat membantu kita tumbuh dan berkembang. Jika kamu membiarkan dirimu merasa sedih sebagai akibat dari kehilangan, kamu telah mengambil langkah yang sehat untuk kesejahteraan mental dan fisikmu.

Kamu akan melihat bahwa kesedian bisa datang dan pergi. Saat kamu merasa sedih, perhatikan impuls apa yang diciptakannya. Apakah kamu membutuhkan dukungan atau kenyamanan dari orang lain? Butuh istirahat? Butuh waktu sendirian? Meditasi? Berbicara dengan seseorang? — Jika kamu dapat mengidentifikasinya, coba penuhi kebutuhan tersebut.

Setiap orang sedih pada titik tertentu dalam hidup mereka.  Ingat, Kamu tidak sendirian dan bahwa dengan kamu memberikan waktu dirimu untuk bersedih, itu akan membantumu merasa lebih baik.

Catatan: Jika kamu membutuhkan aplikasi ponsel yang dapat membantumu untuk menyelami perasaan dan membantumu mengidentifikasi status well-being mu. Penulis merekomendasikan MoodPath App. Aplikasi ini telah membantu penulis mengatasi kecemasan dan depresi selama beberapa tahun terakhir ini.