TIDAK ADA REAKSI SETELAH MINUM CYTOTEC

Tidak ada reaksi setelah minum cytotec atau gastrul

Kamu sudah menggunakan obat aborsi, tapi tidak ada reaksi setelah minum obat aborsi seperti cytotec atau gastrul? Kamu mungkin mengalami kram saja tapi tidak ada perdarahan sama sekali.

Apa yang terjadi? Dan apa yang bisa kamu lakukan?

Jika kamu melakukan aborsi medis, yang kamu harapkan terjadi adalah obat menunjukkan reaksi, artinya proses aborsi sudah dimulai. Tanda-tanda obat bereaksi adalah munculnya kram dan perdarahan.

Jika tidak ada reaksi sama sekali,  wajar jika kemudian kamu khawatir. Ada tiga kemungkinan kenapa tidak ada reaksi sama sekali. Pertama, bisa jadi obatnya kadaluarsa atau palsu; Kedua, kamu mengalami kehamilan ektopik; atau Ketiga, kamu memang tidak hamil.

Meskipun tidak ada reaksi sama sekali, bisa saja kamu tetap menunjukkan efek samping seperti diare atau mual dan muntah. Efek samping ini bisa muncul jika obat kadaluarsa atau palsu. Tanda-tanda efek samping tidak bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah proses aborsi sudah berlangsung atau belum.

Ingat, hanya reaksi seperti kram dan perdarahan yang bisa dijadikan acuan bahwa obat asli dan proses aborsi sudah mulai berlangsung.

Saya yakin obatnya asli, kenapa masih tidak ada reaksi?

Namun dalam beberapa kasus, meskipun obatnya asli, bisa saja tubuh tidak bereaksi sama sekali. Ingat, bahwa tidak ada metode kesehatan yang 100% berhasil, selalu ada kemungkinan gagal. Jika kamu menggunakan kombinasi mifepristone-misoprostol, dengan efektifitas hingga 98%, kamu masih punya 2% resiko gagal. Begitu pula dengan Misoprostol saja, denga efektifitas hingga 85%, masih ada 15% kemungkinan gagal.

Jika ini terjadi, kamu bisa mengulang kembali penggunaan obat aborsi paling tidak 24 jam setelahnya. Biasanya setelah percobaan kedua, kemungkinan gagalnya semakin kecil.

Jika setelah dua kali percobaan masih juga gagal, ini tidak biasa, sebaiknya kamu memeriksakan kehamilanmu dan melakukan tes USG. Pada beberapa kasus dimana gagal setelah dua kali aborsi medis, biasanya ditemukan kondisi kehamilan khusus dan sangat jarang. Ini juga bisa menjadi pertanda kamu ingin mengetahui lebih detail situasi kehamilanmu.